Muhammad : Lelaki Penggenggam Hujan (Tasaro GK)


“Jika kalian ingin melakukan pembalasan, balaslah sesuai dengan yang mereka lakukan kepadamu, tetapi sesungguhnya memberikan maaf itu jauh lebih baik bagi orang-orang yang sabar.”

Menderita dan kehilangan nyawa adalah sebuah pengalaman religius. Kerajaan yang hakiki bukan di dunia. Kegagalan dan hinaan plakat resmi ikon keagamaan.

Aku mulai berpikir agama itu masalah kenyamanan. Tidak melulu oersoalan benar atau salah. Seseorang boleh nyaman dengan suatu agama, orang lain belum tentu. Barangkali memang sebenarnya semua agama itu benar. Ini betul-betul soal kenyamanan.

Tidak semua hal boleh kau lakukan hanya karena kau bisa melakukannya, berkuasa untuk melakukannya.

“…mencintai itu, kadang mengumpulkan segala tabiat menyebalkan dari seseorang yang engkau cintai, memakinya, merasa tak sanggup lagi menjadi yang terbaik untuk dirinya, dan berpikir tak ada lagi jalan kembali, tapi tetap saja engkau tak sanggup benar-benar meninggalkannya.

“Lidahmu berbusa-busa bicara konsep cinta itu semacam burung. Mengepakkan sayap, terbang bebas itu panggilan alamnya. Dan tidak ada dayamu untuk menghalanginya.

Semua persoalan seharusnya bisa diselesaikan dengan kata-kata dan empati. Kekerasan, apapun bentuknya, hanya layak diadopsi bangsa barbar.

“Aku sanggup hidup tanpa dirimu, bukan tanpa kenangan tentangmu.”

“Wahai, Burung, alangkah senaknya engkau, pagi-pagi pergi, makan sepuasnya, sore hari pulang dengan perut kenyang, tetapi apa yang engkau makan tidak akan diperhitungkan halal tidaknya.”

“Alangkah baiknya sekiranya aku jadi rumput saja, tidak perlu repot mempertanggungjawabkan segala perbuatan di dunia ini kepada sang Khalik, kelak.” — Abu Bakar Ash-Shiddiq

“Mengetahui bagaimana agama-agama lain menerjemahkan bahasa Tuhan adalah sebuah proses yang mengasah otakmu, tidak harus selalu berakhir dengan pertukaran keimananmu.”

“Ya Rasul…aku lumpuh karena rindu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s