PR


Pasti akan melelahkan. Dakwah dari satu kota ke kota lain, pagi mengisi kajian di fakultas A, siang ada jadwal mengisi daurah di fakultas B. Terlihat sangat sibuk, bahkan mungkin waktu untuk diri sendiri terasa kurang. Makan lupa, tidur kemalaman karena mengerjakan tugas atau skripsi. Atau menyelesaikan target tilawah harian, pantang terpejam sebelum tilawah satu juz! Tapi rasanya akan menjadi nol, tidak berarti, bersalah atau rasa sejenisnya ketika seorang aktivis dakwah kampus yang jam terbangnya tinggi seperti itu kalau orang-orang terdekat dengannya justru belum tersentuh dakwah. Miris. Sedih. Bercermin pada Rasulullah SAW, ternyata asabiqunal awalun atau orang-orang yang pertama masuk Islam adalah keluarganya. Istri beliau, Khadijah RA, sepupu beliau, Ali bin Abi Thalib RA dan seluruh putri beliau. Mereka adalah pendukung utama tugas dakwah Rasulullah SAW. Nah, ini PR buat para aktivis dakwah kampus. Dan mungkin saya, termasuk di dalamnya.

Allah swt mengingatkan di surat At Tahrim, surat ke 66 ayat 6 : ”Wahai orang-orang yang beriman !peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu: penjaganya malaikat-malaikat yang kasar dan keras, yang tidak durhaka pada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakanapa yang diperintahkan”. Keluarga….semoga bisa berkumpul kembali di jannahNya.aamiin.

Hidup di keluarga yang sangat njawani itu sulit. Terutama terkait aqidah, karena memang masih terpengaruh budaya animisme atau dinamisme. Berpikir bagaimana cara mengingatkannya, khususnya ayah karena pemimpin keluarga dan orangnya memang tegas agak keras juga. Waktu kecil, kalau melakukan kesalahan, bandel kagak mau belajar. Saya pasti dipukul pake koran. Iya, koran yang digulung-gulung itu. Waah lumayan sakit itu. Meskipun nangis tetap aja. ”Diem nangisnya, mau dipukul lagi? Kata ayah Cuma bisa lari ke mama, sesegukan sambil minum air putih. Biar diem. So memorable🙂

Paling diingat itu, kalau ada yang ulang tahun di keluarga. Pasti di meja kerja ayah ada bubur merah putih. Seingat saya, ada enam piring. Segelas kopi, teh, susu, air putih. Dan lauknya apa aja yang dimakan hari itu. Satu lagi ada air yang dikasih daun, ga tau daun apa. Daun kelor mungkin. He… nah, pas pulang dari ngajar .Iya ,ayah saya guru, guru SMK ternama di Indonesia,he.. .Beliau seperti berdoa di depan meja itu, entah apa yang diucapkan. Terus sekeluarga dipercikin air dari daun itu. Ritual setiap ada yang milad, tapi alhamdulillah sekarang sudah tidak dilakukan lagi.

Sehabis mama meninggal juga, sekeluarga mandi kembang lho. Seinget saya selama seminggu. Entah maksud dan tujuannya apa. Air di bak isinya kembang semua, mau gimana lagi. Lagian saat itu saya masih murid sekolah dasar, penuh dengan ketidak mengertian. Nggih wae. Kadang saya lihat ayah membaca buku, sepertinya primbon. Ada gambar raja jawa di depannya. Kadang kalau diskusi, ya berusaha cari jalan tengah aja. Selama masih dalam hal yang prinsip, fine. Ayah saya suah berstatement ” Kalau Sri Sultan HB X maju jadi Presiden di 2014, milih dia!” wew,…kemudian bercerita tentang ramalan Jayabaya. Saya merasa nol. Kalau keluarga saya belum bisa sama-sama bergerak bersama menuju jannahNya. Yup, saya emang masih lemah di mata keluarga. Untuk itu, saya mau mewujudkan impian-impian ayah buat anak-anaknya. Saya harus dapet kata :” bangga sama kamu, kamu sukses! ” memang masih dalam pandangan duniawi tapi itu semoga menjadi jalan untuk impian yang sesungguhnya. S2, berkeluarga, punya pekerjaan.

Perlahan tapi pasti insya Allah, ayah mulai meninggalkan hal yang menurut saya merusak aqidah itu, sudah tidak ada ritual ulang tahun. Sudah mulai ada sholat yang ditegakkan. Hidayah itu milik Allah swt dan semoga suatu ketika Allah swt memberikan hidayahNya secara menyeluruh kepada ayah dan keluarga. reminder : ini PR (Pekerjaan Rumah-tugas) terbesar saya.

2 thoughts on “PR

Leave a Reply

