Majalengka; Cape!


Jam tangan gue bilang ini masih jam sebelas kurang tapi kenapa bis yang gue maksud udah capcus? okelah, ini pengalaman pertama gue ke sebuah kota di Jawa Barat, Majalengka. banyak kawan yang asalnya dari daerah ini. Cuma denger nama doang dan sekarang berkesempatan berkunjung. Nambah deh daftar kota yang pernah dikunjungi tapi just mampir siih, belum jalan-jalan.

kenapa gue bisa ke Majalengka? karena ada sahabat gue yang walimahan. seangkatan ,sefakultas pasti se universitas yaa🙂 ,satu organisasi. yaa deketlah, masa kagak dateng siih…hak saudara lho, dipenuhi undangannya. entah udah ke berapa kalinya gue keluar kota cuma mau dateng ke walimahan,hehe… tapi daerah perbatasan Jawa Barat- Jawa tengan aja sih : Cirebon, Banjar Patroman, Indramayu. Kapan-kapan gue cerita, biasanya siih nyewa bisa buat dateng kesana. jadi ga repot-repot buat ke terminal atau stasiun. tinggal duduk trus nyampe😀

yeay! gue dan temen-temen,semuanya akhwat,4 orang, ketinggalan bis. Jadilah naik bis ekonomi, Sahabat. Namanya juga bis ekonomi yaa, panas pasti kadgak ada AC. ada yang ngerokok, hate this! belum lagi pengamen , penjual dan pengemis yang wara-wiri bergantian naikin bis ini. aaarrrgghhh… ga suka-ga suka😦 tapi mau gimana lagi. bisa nyampe jam berapa nanti di tempat tujuan? kalau milih berangkat sore.

menurut info yang di dapet , perjalanan Purwokerto-Majalengka itu 4-5jam. okelah, capcus dari terminal Purwokerto jam 11.30 WIB, paling ga nyampe sana sebelum magrib deh. berusaha menikmati perjalanan dengan kondisi yang gitu deh..hehe. Biasanya gue dengerin musik, baca ,ngobrol atau tidur di bis. karena mp3 gue rusak, jadi opsi dengerin musik udah ga bisa😦 . tapi yang lain tetep bisa. of course, gue suka baca. nah buku yang gue bawa sekarang. bukan buku “berat” ko, just novel ” Travelers Tale , Belok Kanan: Barcelona!”. Khatam di perjalanan pulang pergi Purwokerto-Majalengka nih buku.

you known jam 17.00 WIB dan masih di daerah Cirebon. wuuaaahh…. lamo nian nih perjalanan. dan yang nyebelin adalah, diturunin di Terminal Harjamukti Cirebon dan dioper ke Elf ke Kadipaten Majalengka. ah, bisnya rese deh padahal sebelum naik mereka bilang iya nyampe kadipaten Majalengka. mmm ternyata dioper meski ga bayar lagi siih. Elf yang dinakin jurusan Cirebon-Bandung.

gue mau ke daerah Sukahaji.so, harus ngangkot lagi menuju TKP. hufh.daaaaaaaaaaaaaaaaaaaan salah turun. daaaaaaaaaan salah naek angkot lagi, bayar Rp.5000. finally dijemput, nyampe deh🙂

Purwokerto-Majalengka 9 jam , bis ini lewat Tegal jadi muter-muter. ga recommended. lo bakalan cape di jalan, kepanasan dan ngabisin banyak waktu. Cari info yang akurat dan on time, biar dapet bis yang bikin nyaman di jalan. bis ini tarifnya Rp.35.000, sempet gue denger ” tarif bis ini sama kayak bis yang gue mau naikin” dengan fasilitas yang beda. cukup jadi pengalaman banget.

gue nginep semalam di tempat temen gue itu. nah, bingung pulang ke Purwokerto naik apa. Rata-rata orang yang gue tanyain , mending ke Cirebon dulu baru bisa milih bis , mau naek kreta atau travel. tinggal milih. haaadeeeeehhh….. kata gue, “ga ada yang langsung apa dari Majalengka?” jawabannya :ada, tapi jarang.dan emang ga sesuai sama jadwal kepulangan gue. bis yang rada nyaman adanya pagi dan jam 21.30WIB. ya weeesss…. ke Cirebon deh.finally, mesen travel. Bintang Wijaya Rp.70.000/orang.

Dari Sukahaji  naek angkot ke arah Rajagaluh.ongkosnya Rp.4000. Soalnya katanya kalo ke Kadipaten dulu justru lebih jauh ke Cirebon. dari Rajagaluh naek elf yang tarifnya Rp.6000, turun di polsek Kedawung. karena emang minta di jemput di sini , soalnya kalo ke Terminal Cirebon dulu terlalu jauh.

Alhamdulillah jam 13.30WIB dijemput sampe kosan jam 18.00 WIB, ga selama pas berangkat. Sebenernya Majalengka khasnya apa sih? ga nemu dan emang ga nyari siih. apa ada tempat wisata? keren banget, orang-orang yang bisa hidup di tempat kayak gini. akses susah . pas gue ditempat temen aja, sinyal rada susah.

moga uneg-uneg gue ini bermanfaat buat yang mau melakukan perjalanan pertama kali dari Purwokerto ke Majalengka atau sebaliknya. mmm mikir-mikir deh kalau mau ke Majalengka lagi. cape!

4 thoughts on “Majalengka; Cape!

Leave a Reply

