Posted in Diary

Happy Mother’s Day

 

Capture

Di Indonesia , Hari Ibu diperingati tiap 22 Desember . Pada tanggal itu, para perempuan se Indonesia mengadakan kongres. tapi kenapa di Indonesia kalau hari Ayah ,gak booming yaaa? setau aku Hari Ayah itu 12 November.isn’t?

whatever….menurut gue,itu cuma tanggalย  yang dipas-pasin ajalah.biar lebih memorable. tiap hari harus membahagiakan orang tua.Ibu atau bapak,keduanya berjasa bagi kita. Surga memang di bawah telapak kaki Ibu,tapi kunci pintu surga ada pada Ayah ๐Ÿ™‚

Inget ada status gini :

Tak Akan Pernah Ada Hari Ibu… Jika Tak Pernah ada Bapak…

Sebab Mana Kala Bapak Tak Pernah di Ciptakan sang Pencipta…
Maka yang ada adalah Hari “Wanita Tua” atau Hari Perawan Tua”

Itulah mengapa Laki laki tak Perlu ada Hari Bapak, sbb Khawatir saat Tak di Cipta wanita, maka Muncul Hari Bujang Lapuk, atau Perjaka Tua…

Maka Berbahagialah, yang Mampu membuat Hari harinya Bersama Orangtua Bahagia, Tanpa Harus Menunggu moment Setahun sekali yg membuat Orangtua Menunggu sampai kriput dan Tua u/ sebuah bakti kita…

Status ini rada kocak tapi #jleb yaaa:) Mama udah dipanggil Allah, jadi yaaa udaaah..heehe, tapi tetap bisa berbakti ko…

Dari Malik bin Rabiโ€™ah As-Saโ€™idi radhiyallahu โ€˜anhu, beliau menceritakan, โ€˜Ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, tiba-tiba datang seseorang dari Bani Salamah. Orang ini bertanya, โ€˜Wahai Rasulullah, apakah masih ada cara bagiku untuk berbakti kepada orang tuaku setelah mereka meninggal?โ€™ Jawab Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam,

ู†ูŽุนูŽู…ู’ุŒ ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุงู„ูุงุณู’ุชูุบู’ููŽุงุฑู ู„ูŽู‡ูู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุฅููŠููŽุงุกูŒ ุจูุนูู‡ููˆุฏูู‡ูู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏู ู…ูŽูˆู’ุชูู‡ูู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุฅููƒู’ุฑูŽุงู…ู ุตูŽุฏููŠู‚ูู‡ูู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุตูู„ูŽุฉู ุงู„ุฑู‘ูŽุญูู…ู ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ู„ูŽุง ุชููˆุตูŽู„ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุจูู‡ูู…ูŽุง

โ€œYa, menshalatkan mereka, memohonkan ampunan untuk mereka, memenuhi janji mereka setelah mereka meninggal, memuliakan rekan mereka, dan menyambung silaturahmi yang terjalin karena sebab keberadaan mereka.โ€ (HR. Ahmad 16059, Abu Daud 5142, Ibn Majah 3664, dishahihkan oleh al-Hakim 7260 dan disetujui adz-Dzahabi).

meskipun gw tetep sedih kalo inget mama,wajar lah….tapi gak meratap.berusaha jadi anak yang shalihah aja.biar jadi amal jariyah untuk mama,aamiin.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุฅูุฐูŽุง ู…ูŽุงุชูŽ ุงู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ุงู†ู’ู‚ูŽุทูŽุนูŽ ุนูŽู†ู’ู‡ู ุนูŽู…ูŽู„ูู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูู†ู’ ุซูŽู„ูŽุงุซูŽุฉู: ุฅูู„ู‘ูŽุง ู…ูู†ู’ ุตูŽุฏูŽู‚ูŽุฉู ุฌูŽุงุฑููŠูŽุฉูุŒ ุฃูŽูˆู’ ุนูู„ู’ู…ู ูŠูู†ู’ุชูŽููŽุนู ุจูู‡ูุŒ ุฃูŽูˆู’ ูˆูŽู„ูŽุฏู ุตูŽุงู„ูุญู ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ู„ูŽู‡ู

โ€œApabila seseorang mati, seluruh amalnya akan terputus kecuali 3 hal: sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.โ€ (HR. Muslim 1631, Nasai 3651, dan yang lainnya).

momday

 

Advertisements
Posted in Diary

Nikah…nikah…nikah…rrrrrr

fallinlove

Emang kapan seseorang itu dikatakan siap menikah?ย  Semangat menikah,beda dengan siap menikah lho. Mungkin banyak orang yang semangatย  nikah, tapi dari kesiapan belum. Terlebih laki-laki,bekalnya harus banyak. Siap menafkahi lahir dan batin,tetap berpenghasilan. Bukan matre , tapi realistis. Kata Ustadz Salim A Fillah, istri sholehah itu bukan berarti gak butuh kulkas. Emang kalo istri sholehah, tanpa kulkas, sayuran akan awet seminggu?ย  Laki-laki kan juga harus jadi seorang imam yaaa… layaknya Imam dalam shalat. Imam itu harus hafalan qurโ€™annya lebih banyak,lebih fasih bacaan qurโ€™annya. Dan yang pasti ya harus shalat, pemimpin dalam shalat yang disebut imam kan,hehe

Beberapa hari lalu, saya chatting dengan kawan waktu SMA. Sudah lama tidak bertemu langsung, tapi saya kenal sebagai akhwat yang sangat idealis. Simat (tampilan) saat SMA saja, sudah rapih,artinya jilbab panjang ,pakai rok dan berkaos kaki. Yah…bedalah dengan saya, masa SMA itu masa transisi ke arah yang lebih baik,insya Allah. Nah, kawan saya ini,yang saya tahu sudah menikah beberapa tahun lalu. Mungkin sekitar 4 atau 5 tahun lalu,karena sudah memiliki 2ย  orang buah hati dan yang paling besar sekitar 4 tahun insya Allah.

Sempat terkejut dengar kabar bahwa kawan saya ini, ternyata telah pisah dengan suaminya. Semoga ini jalan yang terbaik, memang saya pribadi tidak terlalu paham apa permasalahannya.

โ€œEmang kenapa? Ko bisa pisah.maaf,mungkin nanti bisa aku jadikan hikmahโ€ saya coba berani bertanya

โ€œKarena engga cinta.dulu pasrah aja sama jodoh. Mungkin itu yang terbaikโ€ jawabnya

Rada bingung, dengan jawaban itu. Cinta ? Cinta karena apa? Saya emang gak tanya sih,takut gak enak kebanyakan nanya. Maka saya sadar, menikah itu tidak buru-buru karena emang tidak sedang lomba lari. Keputusan memutuskan untuk menikah,libatkan Allah dan orang-orang sekitar. Terutama orang tua, karena ridho Allah, ridho orang tua. Trus keluarga,sedeket-deketnya temen deket, kalau ada masalah lebih nyaman ama keluarga.

โ€œJadi istri yang baik akan mudah dijalanin kalau ada perasaan cinta.yang โ€ lanjut dia

Jadi selama ini tanpa cinta? Tapi sudah punya dua putra, yang lucu-lucu. Semoga mereka jadi generasi yang tangguh dan shaleh.aamiin.

โ€œyang cinta aja masih bisa pisah,gimana yang gakโ€ katanya

Yaahh…bener juga siih….tapi gue gak ngerti cinta apaan. Belum pernah yang bener2 sukaaaaaaaaaaaaaaaaa banget sama orang.trus kalo orang itu sama yang lain jadi sedih,biasa aja gue.ย  Gue simpel, ya berarti bukan jodoh, ada yang lebih baik. Tapi gak pernah sih,gue susah jatuh cinta..bwahahaha

Kalau tidak cinta, kenapa mau dinikahi? Laki-laki memang bebas memilih tapi perempuan, bebas menolak.hehe. Masing-masing diri,pasti punya kriteria pasangan. Apalagi untuk sebuah pernikahan, diikat dengan ikatan yang kuat,berjanji dengan Allah. Inginnya seumur hidup sekali,.terlebih banyak doa yang disematkan dari saudara dan sahabat,semoga menjadi keluarga sakinah,mawadah,warahmah dalam dakwah,melahirkan generasi Rabbani.

โ€œKalo boleh saran,kalo punya lelaki yang disukai,baiknya diusahakanโ€ lanjutnya

Bersabar dan terus memperbaiki diri,insya Allah akan bertemu yang terbaik. Belum niat banget menikah sekarang, gak tau nanti,masih banyak yang ingin dilakukan. Semoga pernikahan yang terjadi nanti untuk selamanya,seumurย  hidup sekali, sampai mau memisahkan.aamiin. inget deh sama kata-kata bijak, kurang lebihย  sih,gak ngapalin juga,heheโ€œaku mencintaimu karena agamamu,maka jika engkau menjauh dari agama maka hilang pula cintakuโ€ ๐Ÿ˜€

Terimakasih sudahberbagi yaa…semoga sabar dan segera menikah lagi kawan,bahagia selalu .

rijal

Posted in Diary

Seperti Matahari

Ibu yang baik itu seperti matahari

seperti lagu masa kecil

” kasih ibu kepada beta.

tak tehingga sepanjang masa,

hanya memberi, tak harap kembali

bagai sang surya menyinari dunia ”

 

Perempuan yang baik itu seperti matahari

bersinar sepanjang hari

menyilaukan mata yang melihat

tapi membuat lelaki yang menundukkan pandangannya

bukan seperti bulan

terlihat indah dipandang, tapi sebenarnya tidak

memberikan kebebasan semua mata menikmati keindahannya

 

tapi, apa laki-laki yang baik itu seperti matahari ?

matahari dalam tata surya menyinari lebih dari satu planet

memberi kehidupan kepada planet lain

semoga tidak terjadi gerhana matahari

 

*saya lagi ngomong apa ini??? hahaha -_- lol

Posted in Diary

Mama

Terhitung sejak 3 November 1997, mama meninggalkan dunia ini. Usia saya belum juga sepuluh tahun, masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Hari itu pembagian raport sekolah, hari senin, seharusnya mama datang mengambil raportku. Pasti mama bangga, karena aku juara kelas, rangking pertama. Semenjak kelas empat sampai lulus Sekolah Dasar, aku juara kelas ๐Ÿ™‚ Terima kasih mama, sudah menjadikan aku anak yang juara. Mama mengajarkan banyak hal, aku sangat kehilangan mama ๐Ÿ˜ฅ Bayangkan betapa beratnya menjadi diriku, anak perempuan semata wayang di rumah. Kedua kakak dan seorang adikku semuanya laki-laki. Aku tumbuh menjadi seorang gadis remaja sendiri, tanpa mama. Mungkin yang lain asyik bercerita dengan mama mereka tentang masa-masa pubernya, bagaimana mendapat haidh pertama kali? atau bagaimana jatuh cinta pada seorang laki-laki?

Aku ingin menjadi juara lagi, ma. Banyak prestasi, tapi sulit. Hampa, tak ada yang membantu atau menyemangati lagi. Menjadi juara kelas bukan hal yang mudah, suatu hari nilai ulangan matematika aku “0 (nol)” , salah semua. Masih membekas dalam ingatan,

“kok bisa dapat nol Mba Iti?” Mba Iti panggilan kesayangan di rumah. Mungkin karena susah melafalkan fitri, untuk adik aku saat itu. Mungkin. Entahlah.

“Gak tau mah, udah ngerjain. tapi gak ngerti. gak bisa ” kurang lebih jawabnya seperti itu. lupa.

Dan entah bagaimana caranya, yang jelas mama setiap hari menemani mengerjakan pekerjaan rumah, belajar sehingga bisa dapat nilai sempurna. Bahkan setiap ulangan, duduk di meja guru. Entah apa maksudnya, takut hasil juara kelas itu karena nyontek kali yaa ๐Ÿ™‚

Mama, terima kasih sudah menjadi ibu yang baik untukku. Surga untukmu. Aku ingin menjadi ibu seperti mama. Tak lupa juga mengajarkan agama untuk anak-anaknya,

Ingat saat belajar wudhu, dulu masih pompa tangan. Mama mompa air, sambil aku cerewet bertanya.

“ma, abis tangan mulut kan ya?”

“iya ,ย  idung trus muka ”

Begitulah percakapan sampai selesai wudhu, sampai aku ingat urutan-urutan wudhu. Saat aku belum hafal bacaan danย  urutan gerakan shalat pun begitu.

“Nanti liat gerakan mama shalat, kalau ada yang belum hafal bacaannya “bismillah” aja sampe selesai”

Memang tidak terlahir dari keluarga yang sangat religius, tapi terhindar dari kemaksiatan, insya Allah.

Mama, aku ingin menjadi shalehah. Agar kebaikan selalu ada padamu, meski sudah tidak bersama lagi. Kadang merasa iri, dengan kawan-kawan yang masih utuh keluarganya. Harus yakin, Allah punya jalan sendiri untuk mendewasakan hamba-hamba-Nya. Bahkan bisa jadi diri ini terlihat tegar di hadapan umum. Tak ada yang tahu kalau ternyata sudah tidak memiliki mama. Sebenarnya rapuh, tapi masa cengeng dilihat orang banyak? Kalau mau cengeng , waktu sendiri saja.

Aku belum lulus kuliah ma, kalau ada mama pasti lebih ada yang perhatian yaa…. Ada yang marahin tiap hari, pasti juga gak boleh sibuk-sibuk organisasi. Kangen mama aja, karena sebesar apapun berkorban untuk sesuatu, pasti akan kembali ke keluarga juga.

Pekan lalu, aku berkunjung ke makam mama. Baru berdiri di depannya saja, sudah mengalir air mata ini. Semoga Allah selalu memberikan mama nikmat kubur, mengirimkan angin kesejukan .

Mama,

i miss u ๐Ÿ˜ฅ

i love u…. semoga bisa berkumpul di jannahNya

 

1176389_3455209155644_1107954220_n

 

 

 

 

You say you love rain, but you open your umbrella when it rains. You say you love sun, but you find shadow spot when sun shines. You say you love wind, but you close your windows when wind blows. This is why I am afraid. You say you love me


William Shakespeare